Langsung ke konten utama

Kenali Penyebab Anyang-Anyangan dan Solusinya




sumber : google

Sehat, adalah salah satu karunia yang yang takkan terbeli apalagi ketika sudah merasakan sakit. Namun banyak juga diantara kita yang lalai untuk menjaga sehat itu karena sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Nah, kalau cerita sakit, saya punya pengalaman sakit yang menurut saya  unik. Tapi kalau kita sudah menderita penyakit itu, dijamin gak akan bisa melakukan apapun. Yaitu  anyang-anyangan.
             
             Nah, pengalaman waktu masih sekolah, beberapa kali pernah merasakan anyang-anyangan. Saluran buang air kecil terasa sakit sekali ketika hendak buang air kecil.  Rasanya  ingin sekali buang air kecil, tetapi yang keluar cuma sedikit dan menimbulkan rasa sakit yang tiada duanya. Langsung si emak  mengomel, “itu lah, kurang minum air putih tu. Minum air putih yang banyak sana.” Saya hanya bisa manut, karena merasa apa yang emak bilang ada benarnya, saya kurang minum.
              
             Secara medis, anyang-anyangan di sebut juga infeksi saluran kemih. Wah, mendengar namanya saja sudah merinding, membayangkan ada gangguan pada saluran kemih kita. Namun mari kita telusuri apa sebenarnya yang terjadi sehingga mengalami infeksi.
          
           Umumnya anyang-anyangan sering terjadi pada wanita. Karena organ reproduksinya lebih pendek, sehingga rentan mengalami gangguan infeksi kemih. Jika dalam kondisi normal, kandung kemih dapat mengeluarkan urin secara teratur dan bebas bakteri, namun pada kondisi tertentu bakteri E.Coli masuk pada saluran kencing dan mengakibatkan infeksi saluran kemih. Bakteri sendiri berasal dari anus yang dengan leluasa dapat berpindah ke uretra. Saluran kencing wanita yang lebih pendek dibandingkan pria, serta lubang kencing yang juga sangat dekat dengan anus mengakibatkan bakteri gampang masuk ke uretra.  
      
           Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, agar si bakteri tidak gampang masuk. Pertama, lakukan pembasuhan BAB dengan benar. Cara yang benar dalam pembasuhan BAB yaitu, dari atas ke bawah, bukan sebaliknya, dari bawah ke atas. Banyak dari kita yang masih keliru pada hal sepele ini.
          
            Kedua pemakaian toilet umum. Banyaknya orang yang secara bergantian masuk, memungkinkan bakteri ini dengan mudah berpindah. Ketiga menjaga kebersihan air saat buang air. Sangat dianjurkan menggunakan air yang mengalir saat membasuh.

Nah, selain masuknya bakteri E.coli ada beberapa hal juga yang menjadi penyebabnya. Sering menahan pipis, karena malas ke kamar mandi. Ini adalah kebiasaan buruk, karena akan penumpukan urin pada kandung kemih. Dehidrasi, juga salah satu pemicu infeksi ini terjadi. Perbanyak saja konsumsi air putih, agar urin yang keluar bisa lebih lancar.  Pada wanita hamil, anyang-anyangan juga sering terjadi karena terdapat tekanan pada kantung kemih. Biasa ini terjadi memasuki hamil besar, maka si ibu haruslah menjaga kebersihan air dan organ intim, agar anyang-anyangan tidak berkelanjutan.

Lalu bagaimana mengatasinya? Banyak  cara yang bisa dilakukan, namun agar mendapat solusi yang tepat tentu kita harus meminum obat yang memang kandungannya pas untuk mengatasi penyakit 


sumber : uricran.co.id

 Prive uri-cran bisa jadi solusinya. Kandungan buah cranberry yang ada didalamnya, sangat pas untuk mengatasi anyang-anyangan.  Jadi gak perlu bingung lagi, kalau tiba-tiba anyang-anyangan terjadi.

Komentar

  1. menimbulkan efek trauma gitu ya Mak, saking sakitnya anyang-anyangan itu huhu

    BalasHapus
  2. para wanita lebih sering terserang anyang-anyangan, semoga kehadiran uricran bisa menjadi solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin, semoga pak. selain juga memang harus menghindari pemicu anyang-anyangan

      Hapus
  3. Mungkin gak ta gak kena anyang2an pas hamil besar kalau konsumsi uricran ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada juga, tapi karena memang efek hamil begitu

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vibes dari Blogger Cup, Blogger Medan

        Lazimnya bagi setiap blogger, menulis adalah hal wajib. Tapi sewajib-wajibnya kalau gak berurusan sama job kadang males juga. Hayo, siapa yang samaan?       Biasa bakal ada semangat kalau dikerjain barengan atau ada triggernya. Dan inilah yang Dewi rasakan 2 minggu lalu. Bergabungnya Dewi di komunitas Blogger Medan memang bukan tanpa alasan, ya minimal biar terikut semangat untuk nge-Blog tadi. Dan pas sekali dengan momen hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober 2023. Blogger Medan membuat event Blogger Cup.          Awalnya Dewi juga gak ngerti banget gimana mekanisme lombanya, tapi biar ada pemicu untuk nulis dah ikut aja. 😁 Jujur, ini kali pertamanya ikut kompetisi nulis yang sistem duel. Seru sih, ditambah lagi tema menulis yang diumumkan pada jam tertentu plus waktu menulis yang hanya 24 jam. Padahal biasa ngejar DL yang 3 hari bisa cengap-cengap, haha.  Gak cuma Dewi, tapi banyak peserta yang merasa seperti memacu adrenalin, kayak naik rollercoaster.  Tulisan pertam

Belajar Dasar Blog dan SEO di Kelas Blogger Medan

Rudi Hartoyo memberikan materi         Belajar menjadi blogger tentu harus mengenal berbagai hal tentang blog, mulai dari template, domain, tools pendukung seperti google console dan google analytics, dan tentu saja SEO.         SEO belakangan menjadi istilah yang trending dan menarik. SEO atau Search Engine Optimization yang merupakan teknik optimasi sebuah web agar mesin pencarian dapat menempatkan halaman web kita di halaman pertama mesin pencari dengan keyword tertentu.         Terdengar amazing ya, namun gampang-gampang mudah juga mencapainya. Kita harus bisa menentukan judul dengan keyword yang tepat, label, konten, gambar, internal link dan lain-lain. Belajar blog kali ini di fasilitasi oleh Blogger Medan, di Kopikuni. Belajar kali ini cukup ekslusif karena hanya anggota Blogger Medan saja dengan jumlah peserta yang terbatas. Anggota Blog Medan serius mengerjakan tugas        Dengan suasana Sersan, serius tapi santai, peserta tampak antusias mengikuti kelas internal ini. Ten

Aman dan Nyaman, Kriteria Esensi Sebuah Hunian

Punya rumah aman dan nyaman, tentu menjadi idaman siapapun. Setelah lelah bekerja, pasti ingin menempati hunian yang nyaman plus aman. Namun yang masih dipertanyakan, apa ada spesifikasi rumah demikian namun harga terjangkau? Seperti teman dekat saya. Beberapa hari yang lalu, ia menelpon saya, lebih tepatnya curhat soal lingkungan rumahnya yang kurang aman. Tetangganya sering kemalingan, ia pun tak luput dari kemalangan tersebut. Beberapa barang yang terletak di teras atau halaman sering raib. Siapa yang nyaman coba tinggal di daerah tersebut. Akhirnya ia memutuskan untuk mencari rumah lain dan menjual rumahnya tersebut. Rumah menjadi hal yang esensial untuk kita ya. Mau kita sebagai pekerja atau ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di rumah, keamanan tentu menjadi hal penting. Maka sangat krusial untuk mengetahui sistem keamanan lingkungan perumahan yang nantinya bakal ditempati. Singkat cerita, akhirnya saya membantu si teman tadi untuk mencari rumah di Medan sesuai deng