Langsung ke konten utama

Yuk, Rancang Amalan Terbaik Kita

        Mendengar kata Ramadhan tentu sudah terbayang di benak kita berbagai aktivitas khas nya seperti sahur, berbuka puasa, tarawih, tadarus dll. Ya, hampir semua ibadah ini hanya dapat dilakukan saat Ramadhan.

      Agar ramadhan lebih bermakna, bermanfaat dan tidak terlewat begitu saja, maka kita bisa merencanakan berbagai kegiatan atau ibadah yang nantinya akan berefek pada kualitas diri dan ibadah kita. Maksudnya? Ibadah yang kita kerjakan tidak sebatas ritual atau mengejar pahala saja, tetap berefek pada pribadi kita dan kualitas ibadah. Maka perlu di rencanakan, seolah kita akan touring ke sebuah negara.

Banyak sekali amalan atau ibadah yang bisa dikerjakan. Yuk kita spill satu persatu.

1. Tadarus

     Tadarus berasal dari kata darosa-yadrusu yang berarti mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji, dan mengambil pelajaran. Nah jika ditambah ta didepannya, maka akan menjadi tadaarosa - yatadaarosu artinya saling belajar dan mempelajari lebih dalam. Jadi tidak sekedar membaca secara bersama-sama saja.

     Kalau saya sendiri merangkum jadi berbagai aktivitas, mulai dari belajar membaca Al-Quran, membaca, mempelajari / tadabbur, hingga menghafal surah. Kesemuanya adalah aktivitas yang lekat dengan Al-Quran dan tidak perlu diragukan lagi nilai pahalanya. 

    Banyak ya? Rasanya gak mungkin juga kalau diborong semua 😁, maka pilih saja salah satu. Mau membaca saja, belajar saja, tadabur atau malah menghafal. Tapi untuk belajar membaca tentu harus ada guru yang membimbing. Sama halnya dengan tadabbur, perlu guru untuk mengkaji atau minimal kita punya buku tafsir.

    Kini sedang marak juga gerakan one day one juz. Yaitu gerakan membaca al-quran yang punya target khatam yang telah ditentukan. Silahkan saja dipilih mana yang kira-kira mampu dikerjakan selama ramadhan ini. 

2. Sholat sunnah dan Qiyamullail

     Biasa saat ramadhan kita punya waktu lebih untuk beribadah, ntah kenapa kelapangan itu begitu terasa, karena semua paham bulan ini adalah bulannya kita berburu pahala. Maka sayang sekali jika kesempatan ini dilewatkan begitu saja.

 Contohnya sholat sunnah. Mulai dari Dhuha, Rawatib, Tahajud dan Tarawih. Awal-awal mungkin terasa kok jadi lama ya ibadahnya, tapi lama kelamaan akan menjadi kebiasaan baik yang ringan untuk dikerjakan. Dan tentu membuat hati lebih tenang. Coba deh

3. Sedekah dan Infak

   Sedekah dan infak menjadi hal yang sangat digalakkan saat Ramadhan. Mengingat kalau dikerjakan di bulan biasa saja, nilai pahalanya berlimpah apalagi di bulan Ramadhan. Selain mengasah empati kita pada saudara yang lain, sedekah juga memberi ketenangan dan kebahagiaan tersendiri bagi pemberinya. Selain itu juga dapat menghapus dosa-dosa dan meringankan penyakit. 


   Ada banyak lagi manfaat sedekah. Akan baik jika kita kerjakan secara konsisten, misal seminggu sekali atau dua kali, atau juga setiap hari. Kembali pada kesanggupan masing-masing. Bentuk pemberiannya juga tidak hanya uang, bisa berupa barang bermanfaat, makanan, dll. 

4. Mengikuti kajian agama

    Terasa nikmat sekali rasanya mengikuti kajian di bulan ramadhan, karena vibes nya mendukung banget. Lalu bagaimana jika terbentur waktu? Era teknologi begini, apapun bisa diakali sejauh tidak menyimpang ya. 

    Saya sendiri untuk mendapatkan kajian dari berbagai ustadz kondang bahkan, tak lain dari youtube. Atau kadang dari potongan-potongan video misal short youtube, reels, atau bisa juga dengan membaca buku. Jika ada kelapangan waktu, hadir langsung di majlis ilmu juga memberi semangat tersendiri bagi kita.


5. I'tikaf

   I'tikaf biasa dikerjakan saat 10 ramadhan terakhir di Mesjid dengan harapan mendapatkan malam Lailatul Qadar. Selain itu juga, dengan i'tikaf kita lebih khusyuk dalam beribadah dan sebagai momen mengevaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. 

    Biasa yang lebih banyak dijumpai melakukan i'tikaf adalah para bapak-bapak. Wanita gimana? Boleh juga asal dapat izin dari suami/keluarga dan tidak melakukan hal-hal yang menimbulkan fitnah seperti berdandan berlebihan. Maka untuk wanita, dibolehkan i'tikaf di rumah. 

  Nah, dari sekian amalan yg kita bahas, teman-teman bebas memilih, apakah mengerjakan semuanya atau sebagian saja. Satu hal yang penting saat ramadhan adalah mengatur waktu agar amalan-amalan yang kita rencanakan bisa terlaksana dengan baik. Karena saat ramadhan kita juga punya aktivitas rutin seperti bekerja, mengurus anak, sekolah, kuliah dll. Tidak salah jika kita menuliskan timeline atau garis besar target amalan. Agar apa? Rencana tidak hanya sekedar angan yg hanya terbesit dihati, teringin dikerjakan tapi bingung pelaksanaannya.

   30 hari adalah waktu yg singkat untuk merefresh ibadah, jiwa dan iman kita, jadi jangan sia-sia kan meski satu hari pun. Karena ciri orang yang merugi adalah yang lebih buruk dari kemarin dan orang yang beruntung adalah yang lebih baik dari hari kemarin. Selamat berpuasa :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vibes dari Blogger Cup, Blogger Medan

        Lazimnya bagi setiap blogger, menulis adalah hal wajib. Tapi sewajib-wajibnya kalau gak berurusan sama job kadang males juga. Hayo, siapa yang samaan?       Biasa bakal ada semangat kalau dikerjain barengan atau ada triggernya. Dan inilah yang Dewi rasakan 2 minggu lalu. Bergabungnya Dewi di komunitas Blogger Medan memang bukan tanpa alasan, ya minimal biar terikut semangat untuk nge-Blog tadi. Dan pas sekali dengan momen hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober 2023. Blogger Medan membuat event Blogger Cup.          Awalnya Dewi juga gak ngerti banget gimana mekanisme lombanya, tapi biar ada pemicu untuk nulis dah ikut aja. 😁 Jujur, ini kali pertamanya ikut kompetisi nulis yang sistem duel. Seru sih, ditambah lagi tema menulis yang diumumkan pada jam tertentu plus waktu menulis yang hanya 24 jam. Padahal biasa ngejar DL yang 3 hari bisa cengap-cengap, haha.  Gak cuma Dewi, tapi banyak peserta yang merasa seperti memacu adrenalin, kayak naik rollercoaster.  Tulisan pertam

Belajar Dasar Blog dan SEO di Kelas Blogger Medan

Rudi Hartoyo memberikan materi         Belajar menjadi blogger tentu harus mengenal berbagai hal tentang blog, mulai dari template, domain, tools pendukung seperti google console dan google analytics, dan tentu saja SEO.         SEO belakangan menjadi istilah yang trending dan menarik. SEO atau Search Engine Optimization yang merupakan teknik optimasi sebuah web agar mesin pencarian dapat menempatkan halaman web kita di halaman pertama mesin pencari dengan keyword tertentu.         Terdengar amazing ya, namun gampang-gampang mudah juga mencapainya. Kita harus bisa menentukan judul dengan keyword yang tepat, label, konten, gambar, internal link dan lain-lain. Belajar blog kali ini di fasilitasi oleh Blogger Medan, di Kopikuni. Belajar kali ini cukup ekslusif karena hanya anggota Blogger Medan saja dengan jumlah peserta yang terbatas. Anggota Blog Medan serius mengerjakan tugas        Dengan suasana Sersan, serius tapi santai, peserta tampak antusias mengikuti kelas internal ini. Ten

Aman dan Nyaman, Kriteria Esensi Sebuah Hunian

Punya rumah aman dan nyaman, tentu menjadi idaman siapapun. Setelah lelah bekerja, pasti ingin menempati hunian yang nyaman plus aman. Namun yang masih dipertanyakan, apa ada spesifikasi rumah demikian namun harga terjangkau? Seperti teman dekat saya. Beberapa hari yang lalu, ia menelpon saya, lebih tepatnya curhat soal lingkungan rumahnya yang kurang aman. Tetangganya sering kemalingan, ia pun tak luput dari kemalangan tersebut. Beberapa barang yang terletak di teras atau halaman sering raib. Siapa yang nyaman coba tinggal di daerah tersebut. Akhirnya ia memutuskan untuk mencari rumah lain dan menjual rumahnya tersebut. Rumah menjadi hal yang esensial untuk kita ya. Mau kita sebagai pekerja atau ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di rumah, keamanan tentu menjadi hal penting. Maka sangat krusial untuk mengetahui sistem keamanan lingkungan perumahan yang nantinya bakal ditempati. Singkat cerita, akhirnya saya membantu si teman tadi untuk mencari rumah di Medan sesuai deng