Langsung ke konten utama

Qais dan Sahur

 


Didalam bulan Ramadhan ini kita dianjurkan untuk melakukan banyak amalan, karena berlipat gandanya ganjaran yang diberikan. Kali ini, saya tidak ingin membahas soal amalan lagi, biar gak bosan kita cerita kisah inspiratif dari para sahabat nabi

 Qais Bin Shirmah

       Qais Bin Shirmah, adalah salah satu sahabat nabi yang menjadi asbab turunnya anjuran sahur dalam berpuasa. Wah, gimana ceritanya?

       Qais adalah seorang tukang kebun kurma. Ia gigih dalam bekerja dan taat beribadah. Termasuk dalam menjalankan puasa. Kisah Qais menjadi viral di masa Rasulullah karena ia tidak sempat makan dan minum ketika sahur. Trus kenapa gak sahur? Di ambil dari riwayat Abu Daud, pada masa Rasulullah, ketika orang-orang telah melaksanakan isya, maka tidak boleh makan minum. Karena pada waktu itu sudah terhitung waktu berpuasa di mulai dan juga setelah isya orang-orang sudah tidur.

     Nah saat awal perintah puasa diwajibkan, belum ada batasan yang jelas kapan waktu bisa makan dan minum. Beberapa sahabat nabi ada yang berpuasa, namun tertidur tidak sempat melakukan sahur. Akhirnya saat besok mereka berpuasa dalam keadaan perut kosong, sementara panas siang membara dan harus tetap bekerja.

    Pada suatu hari saat Qais ingin berbuka puasa, ternyata tidak ada makanan untuk berbuka, padahal ia merasa letih dan lapar. Ia lalu meminta istrinya untuk mencarikan makanan agar bisa berbuka. Istrinya pun keluar untuk mencari makanan, namun saat ia kembali, Qais sudah tertidur lelap dan ia enggan membangunkannya. 

Saat keesokan Qais berpuasa, belum ada makanan yang masuk, namun ia tetap semangat bekerja. Tak disangka, saat sedang bekerja ia terjatuh dan pingsan.

Perintah untuk Sahur

       Setelah kejadian yang menimpa Qais terdengar oleh Rasulullah SAW lewat laporan para sahabat, turunlah Surah Al-Baqarah ayat 187, yaitu "..... Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam...."

      Dari ayat ini kita bisa merasakan betapa Allah tak pernah abai akan hambaNya, selalu stand by mengawasi dan langsung memberikan perintah pentingnya sahur. Jadilah kisah Qais ini menjadi asbab turunnya perintah sahur.

     Sahur sendiri memiliki banyak keutamaan, tidak sekedar agar kita kuat menjalani aktivitas selama berpuasa. Namun ada keutamaan tersembunyi didalamnya. Yaitu

1. Keberkahan saat Sahur

Anas bin Malik RA berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, "Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan." (HR Bukhari).

2. Malaikat Bersholawat untuk Orang yang Sahur

Dari Abu Sa'id Al Khudri RA yang menyebut bahwa Rasulullah SAW pernah berkata, Allah SWT dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur,"Bersahur itu adalah suatu keberkahan, maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan seteguk air, karena Allah dan para malaikat bersholawat atas orang-orang yang sahur (makan sahur)," (HR Ahmad).

Betapa beruntungnya kita menjadi orang terpilih yang mendapat shalawat dari para malaikat, dengan alasan apalagi kita malas sahur?

3. Penanda Puasanya Orang Islam

Diriwayatkan oleh Amr bin 'Ash RA. Ia menceritakan sabda Rasulullah SAW, "Sesungguhnya perbedaan antara puasa kita dan puasa ahli kitab adalah makan sahur." (HR Muslim). Ibadah puasa nyatanya tidak hanya dikerjakan oleh ummat Muslim) saja, tetap ummat agama lain juga. Tentu ada perbedaan dalam pelaksanaanya, termasuk salah satu nya sahur.

4. Waktu Mustajab untuk Berdoa

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, Rabb kita tabaroka wa ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman: "Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni." (HR Al-Bukhari dan Muslim).

   Ternyata selain waktu berbuka, saat sahur juga menjadi waktu mustajab dalam berdoa. Maka sangat disayangkan kalau kita melewatkan momen berharga ini. Manfaat kan waktu mustajab ini dengan sebaiknya, untuk meminta dan memohon ampunan atas segala dosa yang telah dikerjakan. Semoga kita menjadi orang-orang terpilih yang dapat memanfaatkan waktu Sahur dengan optimal. Amiin 


Sumber detik.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vibes dari Blogger Cup, Blogger Medan

        Lazimnya bagi setiap blogger, menulis adalah hal wajib. Tapi sewajib-wajibnya kalau gak berurusan sama job kadang males juga. Hayo, siapa yang samaan?       Biasa bakal ada semangat kalau dikerjain barengan atau ada triggernya. Dan inilah yang Dewi rasakan 2 minggu lalu. Bergabungnya Dewi di komunitas Blogger Medan memang bukan tanpa alasan, ya minimal biar terikut semangat untuk nge-Blog tadi. Dan pas sekali dengan momen hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober 2023. Blogger Medan membuat event Blogger Cup.          Awalnya Dewi juga gak ngerti banget gimana mekanisme lombanya, tapi biar ada pemicu untuk nulis dah ikut aja. 😁 Jujur, ini kali pertamanya ikut kompetisi nulis yang sistem duel. Seru sih, ditambah lagi tema menulis yang diumumkan pada jam tertentu plus waktu menulis yang hanya 24 jam. Padahal biasa ngejar DL yang 3 hari bisa cengap-cengap, haha.  Gak cuma Dewi, tapi banyak peserta yang merasa seperti memacu adrenalin, kayak naik rollercoaster.  Tulisan pertam

Belajar Dasar Blog dan SEO di Kelas Blogger Medan

Rudi Hartoyo memberikan materi         Belajar menjadi blogger tentu harus mengenal berbagai hal tentang blog, mulai dari template, domain, tools pendukung seperti google console dan google analytics, dan tentu saja SEO.         SEO belakangan menjadi istilah yang trending dan menarik. SEO atau Search Engine Optimization yang merupakan teknik optimasi sebuah web agar mesin pencarian dapat menempatkan halaman web kita di halaman pertama mesin pencari dengan keyword tertentu.         Terdengar amazing ya, namun gampang-gampang mudah juga mencapainya. Kita harus bisa menentukan judul dengan keyword yang tepat, label, konten, gambar, internal link dan lain-lain. Belajar blog kali ini di fasilitasi oleh Blogger Medan, di Kopikuni. Belajar kali ini cukup ekslusif karena hanya anggota Blogger Medan saja dengan jumlah peserta yang terbatas. Anggota Blog Medan serius mengerjakan tugas        Dengan suasana Sersan, serius tapi santai, peserta tampak antusias mengikuti kelas internal ini. Ten

Aman dan Nyaman, Kriteria Esensi Sebuah Hunian

Punya rumah aman dan nyaman, tentu menjadi idaman siapapun. Setelah lelah bekerja, pasti ingin menempati hunian yang nyaman plus aman. Namun yang masih dipertanyakan, apa ada spesifikasi rumah demikian namun harga terjangkau? Seperti teman dekat saya. Beberapa hari yang lalu, ia menelpon saya, lebih tepatnya curhat soal lingkungan rumahnya yang kurang aman. Tetangganya sering kemalingan, ia pun tak luput dari kemalangan tersebut. Beberapa barang yang terletak di teras atau halaman sering raib. Siapa yang nyaman coba tinggal di daerah tersebut. Akhirnya ia memutuskan untuk mencari rumah lain dan menjual rumahnya tersebut. Rumah menjadi hal yang esensial untuk kita ya. Mau kita sebagai pekerja atau ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di rumah, keamanan tentu menjadi hal penting. Maka sangat krusial untuk mengetahui sistem keamanan lingkungan perumahan yang nantinya bakal ditempati. Singkat cerita, akhirnya saya membantu si teman tadi untuk mencari rumah di Medan sesuai deng