Langsung ke konten utama

Yuk Kenalkan Puasa pada Si Kecil.

 

Sumber foto : Ners.unair.ac.id

     "Kalau sudah sering muncul iklan sirup ...., berarti sudah mendekati bulan puasa." Pernah dengar ungkapan ini gak? Tapi memang betul sih, tidak terasa Ramadhan sebentar lagi hadir. Tidak sampai dua pekan lagi kita akan menyambut bulan suci penuh berkah yang amat dinanti. Banyak hal yang dapat dipersiapkan dalam menyambut bulan spesial ini ya. Mulai dari finansial, persiapan batin, membersihkan rumah juga keluarga.

     Nah, untuk persiapan keluarga, yang perlu diperhatikan dari awal adalah anak-anak. Mulai dari membangun semangat di bulan Ramadhan, seperti pengenalan sahur, bagaimana ibadah puasa itu sendiri hingga berbagai ibadah yang dikerjakan. Konon pembiasaan ini tidaklah sulit jika memang keluarga support full.

Apa saja pengenalan puasa pada si kecil? Yuuk simak langkahnya.

1. Waktu Pelaksanaan.

      Membangun vibes ramadhan pada Anak tentu tidak lewat sounding sekali dua kali. Sama seperti kita yang dewasa juga sih. Misal untuk tahun ini kita sudah tau kalau ramadhan ada di bulan Maret, maka di Januari atau Februari kita sudah "woro-woro" kan ke anak. Misal, "Dek, bulan Maret nanti kita puasa lho, nanti adek ikut tarawih ya" , "udah mau puasa lho bulan tiga ini, nanti abang belajar puasa ya, ada hadiah lho kalau puasanya bagus," dll.  Saat Ramadhan tiba, anak sudah excited menyambut nya. 

2. Apa saja yang dilakukan saat Ramadhan

     Ini juga baik jika di sounding dari awal, jadi saat pelaksanaan, anak tidak susah membujuknya. Misal untuk sholat tarawih, ikutan sahur, dll. Untuk anak yang belum bisa ikut berpuasa, bisa kita libatkan dalam berbagai ibadah lainnya. Seperti sahur jika bangun cepat, buka puasa bersama dan tarawih.

Sumber Foto : detik.com

3. Pembiasaan puasa

    Ini tentu dilakukan saat ramadhan. Awalnya pasti akan terasa berat, karena ada rasa kasihan, tidak tega, dll. Tapi jika tidak ada pembiasaan, maka hingga umur cukup, anak tidak akan sanggup. Mulai dari yg ringan dulu, seperti ikutan sahur. Ini luar biasa memang ya untuk ibu-ibu, dimana kita harus menyiapkan sahur sesegera mungkin, membangunkan anak bukan hal yang mudah, tapi diniatkan ya bu ibu, ini masa mereka belajar. Akan lebih baik jika Ayah, atau anggota keluarga yang lain membantu, atau bisa diakali dengan bangun lebih cepat atau juga mempersiapkan untuk masak sahur di malam hari.

Setelah membiasakan sahur, bisa kita berlakukan jam puasa, misal sampai jam 8 pagi dulu. Tidak boleh makan dan minum. Perlahan saja, jika anak ada perkembangan, bisa dinaikkan pelan-pelan jam berbukanya. Sedikit sharing, Iqbal mulai belajar puasa di umur 4 tahun. Alhamdulillah ini sudah tahun ketiga kalau tidak salah puasanya full. Jadi perhatikan umur anak, lalu kesehatan. Jika sakit jangan dipaksakan hanya karena mengejar hadiah. 

4. Ikut melakukan ibadah selain puasa dan mengenalkan esensi puasa

Selain ikut berpuasa, ingatkan anak juga agar menunaikan sholat, hadir ke kegiatan ramadhan seperti pesantren kilat, tadarus, sedekah, tarawih. Tidak hanya itu, pengenalan esensi bahwa puasa tidak hanya menahan haus dan lapar tetapi juga menahan diri agar tidak gampang emosi, berkata yang baik-baik, melakulan hal-hal positif agar bernilai ibadah dan juga kepekaan sosial. Saat menahan lapar dan haus, mereka akan paham kalau di luar sana banyak orang yang kurang beruntung sehingga sulit mendapat makan dan minum. 

Sumber foto: Tribunjabar.id

5. Mendisiplinkan waktu

Yang uniknya saat Ramadhan, banyak sekali ibadah yg kita kerjakan secara konsisten selama kurang lebih 30 hari, mulai dari bangun tidur, hingga mau tidur. Dan semua akan mudah dikerjakan, saat kita luruskan niat dan manajemen waktu yang baik. 

Begitu pula pada anak, jika ingin gampang dibangunkan saat sahur maka jam tidurnya harus cepat, selambat-lambatnya jam 9 atau sepulang tarawih. Pun agar anak tidak mengantuk saat tarawih, maka siang dibiasakan untuk tidur. 

Memilih menu makanan saat sahur dan berbuka juga berpengaruh pada stamina di bulan ramadhan. Memang diakui kadang suka khilaf ya, istilahnya laper mata, sekali-sekali rasanya wajar. Asal jangan setiap hari, selain gak bagus untuk kesehatan, gak baik juga untuk kesehatan dompet, hehe. 

Oh ya, kunci dari keberhasilan ini adalah contoh yang konkret pada anak. Misal nih selama ramadhan kita mau ajarkan rutin sholat pada anak, ya kita harus kerjakan sholat sesuai waktunya. Mau ngajarin anak mengaji, ya kita juga baca Quran di rumah, begitu juga lainnya. Jadi ada role mode yang bisa diikuti anak, gak cuma kita aja yang capek mengingatkan. 

Itu dia sedikit pengalaman Dewi dalam mengenalkan Iqbal pada puasa. Semoga sukses aplikasinya, dan semangat ya buun. Marhaban ya Ramadhan, mohon dimaafkan jika ada salah dan khilaf ya. Selamat berpuasa 😊

Komentar

  1. Jadi teringat, tahun lalu atau tahun lalunya lagi ya tu, Kak, yang Iqbal tetap kekeuh lanjut puasanya walau lagi sakit itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo yg sakit itu ya, batal satu hari wi. Tp bsk nya dia mau puasa kok. Efek terkejut di badan itu wajar ya, melihat dia juga berkebutuhan khusus. Tp slama sehat dan akal mengerti, insya allah bs di upayakn

      Hapus
  2. Thank you for sharing kak.
    Aku pribadi belum menikah, tapi ada dua orang keponakan, yang satu kelas 2 SD, yang satu lagi baru setahun umurnya.
    Jujur emang gak mudah ngajarin si kakak untuk puasa karena temen-temen seusia dia di lingkungan kami banyak yang enggak puasa, dan dia jadinya juga males karena temen-temennya pada jajan dan dia enggak. tahun lalu lumayan berhasil karena iming-iming uang THR tergantung jumlah hari dia puasa.
    Semoga tahun ini bisa lebih sukses deh ngajarinnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. Semoga sukses ya kk, di ingetkan aja klo temen2 gk puasa ya main d rumah aja. Klo lingkungan rumah nge dukung, insya allah dia jg termotivasi

      Hapus
  3. Sulung kami yang di rumah tahun lalu udh mulai puasa walau belum penuh dalam 1 hari dan sebulan. Tahun ini mudah2an penuh betul soalnya guru di sekolahnya kasih motivasi utk semangat berpuasa. Mksh tipsnya wi, bisa jadi bekal para emak utk melatih anak puasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 fit, Iqbal alhamdulillah dh mau aja di ajak puasa, meski saat pelaksanaan byk drama hehe. Semoga lancar puasanya ya Bang ☺️

      Hapus
  4. Membiasakan dan mengajarkan anak untuk berpuasa pastinya tantangan yang berat. Terlebih lagi tidak hanya rasa lapar dan hausnya yang dikontrol, melainkan juga emosinya. Biasanya anak pasti cenderung emosional kalo lagi dalam keadaan lapar. Mungkin cara-cara di atas rasanya tepat karena biasanya ortu mengakarkan untuk puasa setengah hari, bukan yang dicicil perlahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya mau pake metode yg mana boleh aja bg, asal orang tua konsisten, jd anak2 jg paham ngikutin rules nya. Ya orang tua juga harus berani dan "tega" sejauh kondisi anak msh baik2 saja.

      Hapus
  5. Tantangan paling berat bagi orang tua adalah rasa "tega" hihii
    Seringnya kasiaan kali kalo udah liat anaknya lemes, memelas tapi ngga brani minta buka.
    Tapi dengan begitu, mereka jadi terbiasa puasa dan malah merasa sayang kalo potel puasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa itu kak, awal2 nya kasian. Nanti lama2 jg kebal dan anak terbiasa puasa. Semangat kita ya

      Hapus
  6. Menurut Kak Dewi bagus ngga sih memberikan upah/hadiah kepada anak supaya melakukan puasa? Misalnya kalau puasanya full satu hari dapat 50,000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tekor gak tuh kak wkwkwk. kok pingin . tapi puasa sendiri belajar ikhlas Iman sih kak, lebih berharap ridho Illahi, nanti pas lebaran baru lah boci bocil mendadak kaya

      Hapus
    2. Boleh juga kak imel, tp sesanggup nya aja sebagai orang tua. Dan itu di kasih di hari terakhir ramadhan, jd mereka bener2 usaha dulu. Klo saya gk pernah uang, lbh k barang sih.

      Hapus
  7. dulu sempat was was nanti aku, anak ku, keponakanku gimana ya cara ajari puasa nya. plot twist 2 keponakan ku suka puasa karena meraka jadi gak harus makan (tipe picky eater). makasih ilmu nya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal2nya mmg berat, itu wajar, tp nnt mereka terbiasa. Ya sediakan jg lah, reward agar mereka semangat puasanya. Jadul banget sih ini, tp ampuh jg hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vibes dari Blogger Cup, Blogger Medan

        Lazimnya bagi setiap blogger, menulis adalah hal wajib. Tapi sewajib-wajibnya kalau gak berurusan sama job kadang males juga. Hayo, siapa yang samaan?       Biasa bakal ada semangat kalau dikerjain barengan atau ada triggernya. Dan inilah yang Dewi rasakan 2 minggu lalu. Bergabungnya Dewi di komunitas Blogger Medan memang bukan tanpa alasan, ya minimal biar terikut semangat untuk nge-Blog tadi. Dan pas sekali dengan momen hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober 2023. Blogger Medan membuat event Blogger Cup.          Awalnya Dewi juga gak ngerti banget gimana mekanisme lombanya, tapi biar ada pemicu untuk nulis dah ikut aja. 😁 Jujur, ini kali pertamanya ikut kompetisi nulis yang sistem duel. Seru sih, ditambah lagi tema menulis yang diumumkan pada jam tertentu plus waktu menulis yang hanya 24 jam. Padahal biasa ngejar DL yang 3 hari bisa cengap-cengap, haha.  Gak cuma Dewi, tapi banyak peserta yang merasa seperti memacu adrenalin, kayak naik rollercoaster.  Tulisan pertam

Belajar Dasar Blog dan SEO di Kelas Blogger Medan

Rudi Hartoyo memberikan materi         Belajar menjadi blogger tentu harus mengenal berbagai hal tentang blog, mulai dari template, domain, tools pendukung seperti google console dan google analytics, dan tentu saja SEO.         SEO belakangan menjadi istilah yang trending dan menarik. SEO atau Search Engine Optimization yang merupakan teknik optimasi sebuah web agar mesin pencarian dapat menempatkan halaman web kita di halaman pertama mesin pencari dengan keyword tertentu.         Terdengar amazing ya, namun gampang-gampang mudah juga mencapainya. Kita harus bisa menentukan judul dengan keyword yang tepat, label, konten, gambar, internal link dan lain-lain. Belajar blog kali ini di fasilitasi oleh Blogger Medan, di Kopikuni. Belajar kali ini cukup ekslusif karena hanya anggota Blogger Medan saja dengan jumlah peserta yang terbatas. Anggota Blog Medan serius mengerjakan tugas        Dengan suasana Sersan, serius tapi santai, peserta tampak antusias mengikuti kelas internal ini. Ten

Aman dan Nyaman, Kriteria Esensi Sebuah Hunian

Punya rumah aman dan nyaman, tentu menjadi idaman siapapun. Setelah lelah bekerja, pasti ingin menempati hunian yang nyaman plus aman. Namun yang masih dipertanyakan, apa ada spesifikasi rumah demikian namun harga terjangkau? Seperti teman dekat saya. Beberapa hari yang lalu, ia menelpon saya, lebih tepatnya curhat soal lingkungan rumahnya yang kurang aman. Tetangganya sering kemalingan, ia pun tak luput dari kemalangan tersebut. Beberapa barang yang terletak di teras atau halaman sering raib. Siapa yang nyaman coba tinggal di daerah tersebut. Akhirnya ia memutuskan untuk mencari rumah lain dan menjual rumahnya tersebut. Rumah menjadi hal yang esensial untuk kita ya. Mau kita sebagai pekerja atau ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di rumah, keamanan tentu menjadi hal penting. Maka sangat krusial untuk mengetahui sistem keamanan lingkungan perumahan yang nantinya bakal ditempati. Singkat cerita, akhirnya saya membantu si teman tadi untuk mencari rumah di Medan sesuai deng