Dewi Chairani blog

Tips Merawat Motor Agar Liburan Menyenangkan

       Di masa libur pergantian tahun, tentu kita sudah memikirkan berbagai rencana menyenangkan untuk mengisi masa libur tersebut. Seperti berwisata ke suatu tempat yang menarik, mengunjungi keluarga atau bahasa kerennya pulang kampung. Berbagai opsi bisa disiapkan ya. Namun jangan lengah, sebelum berpergian atau berlibur, ada beberapa persiapan yang penting untuk diperhatikan. 

      Pertama, pastikan kita berada pada kondisi badan yang sehat. Pasti gak nyaman ya, berliburan dengan kondisi tidak nyaman. Kedua, saat meninggalkan rumah, pastikan aman. Cek pintu dan jendela, sambungan gas, pastikan juga rumah dalam kondisi rapi dan bersih, agar saat kembali pulang kondisi aman. Point ketiga yang juga penting, cek kondisi kendaraan kita.

     Kali ini, Dewi ingin sharing beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum berpergian jauh, khusus untuk kendaraan motor ya.


1. Cek Kondisi Ban Motor


     Tentu ban menjadi bagian penting dalam sebuah kendaraan. Kenyaman dan keselamatan saat berkendara jadi hal mutlak. Kita bisa mengecek tampilan luar dari ban motor,apakah ada keretakan, sobekan, alur yang menipis, maupun tekstur ban bergelombang.

      Apabila ban baru diganti, sebelum melakukan perjalanan, pastikan tekanan udara dalam kondisi normal pada ban. Perhatikan juga, apakah kondisi ban masih baik atau sudah sepatutnya diganti. Pergantian ban baru bisa dilakukan di Planet Ban terdekat. Planet Ban menyediakan berbagai merek, dan ukuran ban motor yang bisa disesuaikan dengan sepeda motor kita. 

2. Cek Kondisi Rem

     Dalam berbagai kasus kecelakaan, salah satu yang menjadi penyebabnya adalah fungsi atau kondisi rem yang tidak baik. Tentu komponen ini penting sekali untuk dicek. Jika kondisi rem sudah terlalu dalam saat tuas ditekan atau diinjak, maka kita perlu mengganti kampas rem.

     Tanda keausan pada rem bisa diperiksa secara manual dengan indikator penunjuk yang terdapat di setiap dinding tromol. Jika dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada, maka bagian kampas tromol (brake shoe) perlu segera diganti. Pada rem Cakram, kita bisa melihat ketebalan dari kampas maupun piringan rem. 

3. Cek Oli Mesin


        Salah satu tips agar motor tetap baik dan gak rewel saat perjalanan panjang, adalah mengecek oli mesin. Pastikan oli mesin sudah diganti sebelum melakukan perjalanan jauh. Penting juga untuk mengetahui kandungan yang terdapat di dalam oli.

     Contohnya yaitu kandungan ester. Ester pada oli adalah kandungan yang menjaga tingkat kepanasan mesin motor dengan baik. Kandungan ester pada oli mesin dapat menjaga suhu mesin tetap stabil. Oli dengan kandungan ester sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh.

      Jika ingin membeli oli dengan kandungan ester dengan harga terjangkau pula, kita bisa menggunakan Oli eksklusif dari Planet Ban, yaitu oli X-Ten. Oli X-Ten memiliki kandungan ester yang dapat menjaga kondisi mesin motor secara stabil meski dalam torsi tinggi dan bisa digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer. Wah, cukup rekomended ya. 

4. Periksa Aki Motor

      Hal yang selanjutnya perlu diperhatikan adalah aki motor. Ini menjadi penting untuk memastikan daya listrik pada motor memang mendukung perjalanan yang akan kita lakukan. Cek apakah kondisi aki tidak bocor, karat, dan rusak. Jika menggunakan aki basah, cek kondisi air aki sebelum melakukan perjalanan. Dengan melakukan pengecekan aki secara berkala, kita bisa mengetahui kondisi aki apakah kondisi baik atau perlu diganti.

5. Cek Sistem Pendingin

     Terkadang kita sering lupa untuk mengecek sistem pendingin. Letaknya yang tidak terlihat langsung, membuat sistem pendingin jarang terpantau. Jika sistem pendingin bermasalah maka akan membuat panas tidak mampu di redam dengan baik, yang akhirnya menyebabkan overheat pada mesin. Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan kita memeriksa kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator yang cukup dan menjaga temperatur mesin. 

6. Cek Busi

    Setelah memeriksa sistem pendingin, komponen yang perlu kita periksa ialah busi. Apabila busi motor terlihat kotor, kita sebaiknya membersihkan terlebih dahulu. Namun jika busi sudah terlihat haus, kita perlu mengganti busi tersebut. 

     Jika kondisi Busi tidak optimal akan membuat sistem perapian tidak bekerja secara sempurna. Sehingga mengganggu proses pengapian pada sepeda motor.

7. Cek CVT dan Rantai

      Komponen penting terakhir yang perlu diperiksa yaitu CVT (Countinuously Variable Transmission) dan rantai. Pengecekan CVT ini khusus untuk motor matic dan rantai sepeda motor bebek dan sport. CVT adalah alat penggerak otomatis pada motor matic. 

Jika kondisi penggerak pada CVT atau rantai motor tidak berfungsi dengan sempurna akan menghambat kinerja tenaga yang dihasilkan oleh mesin sehingga pergerakan mesin pun terganggu. Maka sebelum melakukan perjalanan sebaiknya kita melakukan servis pada CVT maupun rantai sepeda motor, untuk menjaga kenyamanan dan kelancaran dalam perjalanan. 


     Tips merawat/pengecekan motor sebelum liburan dari Planet Ban ini tentu menjadi alarm untuk agar lebih care pada kondisi motor sebelum berpergian jauh atau berlibur. Jika kondisi motor optimal, bisa dipastikan perjalanan akan lebih lancar dan tentu menyenangkan.

      Jika tidak ingin repot mengecek berbagai komponen motor, apalagi untuk wanita ya, kita bisa datang ke Toko Planet Ban. Planet Ban tidak hanya menyediakan ban motor, tetapi juga spare part berkualitas lainnya. Seperti aki, busi, kampas rem, cairan pendingin, sampai ke layanan Servis Rasa Mesin Baru, artinya mesin motor kita sudah pada kondisi optimal seperti motor baru. Wah worth it banget yah. 

Kita juga bisa berkonsultasi dengan mekanik Planet Ban tanpa dikenakan biaya. Cuss, labgsunh saja berkunjung ke toko-toko Planet Ban terdekat. Kabar baiknya, kita juga bisa melakukan konsultasi online secara gratis bisa melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban dengan menghubungi Tim Konsultasi Online Planet Ban. Jadi pas datang ke toko Planet tinggal eksekusi saja ya, tentu ini lebih menghemat waktu. 

     Well, selamat berliburan ya. Semoga tips dari Planet Ban ini bermanfaat dan liburan kita jadi semakin menyenangkan.

Dewi chairani

Menghasilkan karya yang mampu menginspirasi dan menjadi manusia pemberi manfaat.

19 Komentar

  1. Iya nih yang paling penting buat perjalanan adalah rem sama Oli. Kalau ban itu biasanya setahun, tapi tergantung juga dengan masa perjalanan. Kalau semakin sering dipakai semakin seringlah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener hen, walaupun cewek tp tetep harus care sama motor 😊

      Hapus
  2. Pengecekan kendaraan menjadi faktor penting sebelum melakukan perjalanan. Mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat malafungsi kendaraan.

    BalasHapus
  3. Wah masukan dan tipsnya bagus banget ini Dik. Apalagi suami kakak pakai motor. Memang sebelum pergi jauh, harus kita persiapkan semuanya. Terima kasih untuk reminder-nya ya Dik

    BalasHapus
  4. Otw langsung cek² Kak. Keren infonya. Semangat ngeblog Kak Wi😊👍🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat. Mksh BW nya Nur 😊

      Hapus
  5. Nggak cuma liburan aja sih sebenarnya yaa kakk.. pemakaian sehari2 juga perlu beberapa waktu di cek hehee.. tapi biasanya utk urusan motor sayaserahkan pada misua hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya bener kak. Cuman pas lg momen liburan ya kn. Enaknya yg ada paksu, tinggal serahkan aja perawatannya hihi

      Hapus
  6. Selain untuk menjaga kemananan dan keselamatan berkendara, rajin merawat motor juga menjaga aset tetap awet dan minim biaya perbaikan. Harga jual aset juga bisa tetap tinggi. Siapa juga mau beli motor yang udah sengkrak ya kannnn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak. Apalagi org skrg makin teredukasi utk beli brg2 second. Tentu carinya yg lbh terawat 👍

      Hapus
  7. Iya bg, dah pas x tu
    Dr pd mogok pas jalan2 ya kan, makin ribet dn bs overbudget malah.

    BalasHapus
  8. Karna saya punya motor tua, oli adalah komponen yg paling penting di perhatikan, wajib rutin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya bang. Mmg hrs lbh paham sama kendaraan masing-masing ya 😊

      Hapus
  9. A must read ini buat para pengendara sepeda motor, kereta kalau kata org Medan. 😁 makasih wi, manfaat sekali tulisan ini.

    BalasHapus
  10. Sebagai cewe yang cuma tau pakai motor itu hanya karena ada bensin artinya bisa dipakai, nambah ilmu banget sih. Ternyata banyak part dari motor yang perlu diperhatikan nih untuk gak zonk saat liburan dan sehari-hari juga.

    BalasHapus
  11. Wah, seharusnya di bulan Desember kemarin aku baca tips merawat motor dari kakak setidaknya jadi punya gambaran. Motor kami tidak tua namun bukan yang baru juga, tiap hari dibawa kerja jadi butuh effort extra kalau mau dipakai jalan jalan jauh agar tetap enak dibawanya

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama