Dewi Chairani blog

Tips Mencari Kavling yang Aman

     


       Memiliki rumah sendiri tentu menjadi impian setiap pasangan yang akan atau telah menikah. Namun membeli rumah tidak segampang membeli baju atau buku. Banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan. 

       Pilihannya juga banyak, beli rumah yang unit sudah selesai, beli rumah yang sudah pernah ditinggali (biasa lebih murah ya, hehe) atau mulai dari beli tanahnya dulu. Terkesan ribet ya, tapi banyak orang rela beriber-ribet ria demi mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan. 

     Kalau saya inget pesan orang tua, “beli aja dulu tanahnya, nanti kalau sudah ada tanah mau buat rumah kayak mana, terserah kita. Lebih puas.” Tentu sebagai anak yang berbakti tidak boleh mengabaikan pesan orang tua, 😁. Well apa aja yang perlu diperhatikan kalau kita mau cari tanah terutama kavling ya, yuk kita ulas satu per satu. 

Tips Mencari Kavling yang Aman

1. Legalitas

Pastikan kavling yang akan kita beli memiliki sertifikat resmi dari BPN , minimal Hak Guna Bangunan (HGB). 

Kenapa ini penting? Karena sertifikat itu yang nantinya menjadi syarat pembuatan izin pemanfaatan ruang (IPR). Maka tidak ada salahnya memakai jasa notaris atau bertanya tentang keabsahan berbagai sertifikat yang berkaitan tentang kepemilikan kavling. Mencari developer atau makelar yang terpercaya juga penting, agar pengurusan kepemilikan kavling lebih amanah dan jelas.

2. Akses jalan

Ini terdengar sepele namun penting untuk dipertimbangkan.  Apakah posisi kavlingnya dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah atau fasilitas umum lainnya.  Kondisi jalan lintas di dalam komplek atau diluar, lebarnya mencukupi standard atau tidak. Juga penting agar mobilitas sehari-hari lancar.

Perlu juga mengevaluasi apakah lokasi dekat area macet atau tidak, bayangkan kalau setiap hari kita disajikan dengan situasi macet yang riweh dan melelahkan, tentu akan memicu stres nantinya. 

3. Situasi lingkungan kavling

Kita bisa melakukan survey langsung untuk mengetahui bagaimana kondisi kavling dan lingkungannya. Apakah lokasi rawan banjir, dekat menuju fasilitas umum atau tidak, juga apakah lokasi rawan bencana seperti bencana gempa, longsor, dekat dengan pegunungan aktif atau tidak. Karena cuaca yang belakangan sangat sulit ditebak, tentu kita harus waspada dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. 

Pasti lebih nyaman dan tenang, tinggal dilingkungan yang tidak langganan banjir, daripada lingkungan yang sering banjir. Gak mesti was was kalau hujan setiap hari. 


4. Akses listrik, air, jaringan komunikasi serta fasilitas.

Tentu setelah membeli kavling tanah, kita memiliki keinginan untuk membangun rumah. Pastikan kebutuhan akan listrik, air, jaringan telepon dan internet sudah tersedia. Karena listrik, air, serta jaringan komunikasi tidak bisa terlepas dari kebutuhan kita sehari-hari. Pun untuk memudahkan komunikasi, melancarkan pekerjaan juga tidak ketinggalan informasi karena jaringan internet yang memadai.

               Khusus fasilitas,  penting juga untuk mengecek fasilitas  apa saja yang akan disediakan, seperti mesjid, fasilitas olahraga, tempat berbelanja, taman  atau area hijau lainnya. Semakin lengkap fasilitas perumahan tentu akan membuat kita lebih nyaman, tidak perlu jauh-jauh keluar komplek untuk mencari fasilitas tersebut plus juga lebih hemat biaya. Pertimbangan terakhir ini tentu menjadi poin esensi bagi kaum ibu-ibu, hehe. 

5. Posisi rumah dan keamanan. 

Apa yang dimaksud posisi rumah? Posisi rumah maksudnya menghadap ke arah mana rumah yang akan dibangun. Jika ingin rumah yang teduh, sejuk,  pencahayaan bagus maka pilihlah posisi ke arah timur, selatan atau utara, dan hindari posisi barat. 

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur membangun rumah menghadap ke barat? Win win solution yang bisa dilakukan adalah  menanam pohon agar lebih teduh, sehingga menahan sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah. Juga mengoptimalkan tata ruang rumah yang akan dibangun. 

Dengan berbagai kriteria yang ada, terlihat cukup pelik jika harus mengevaluasi satu per satu. Maka jurus jitu yang pas, yaitu memilih developer yang sudah pengalaman dalam menjual tanah kavling dan memenuhi segala kriteria di atas. 

Givency One memenuhi Kriteria Kavling terbaik. 

Seperti yang telah kita ulas singkat di atas, ada beberapa kriteria wajib yang harus dimiliki untuk memilih lahan kavling. Nah, Wiraland yang merupakan pengembang properti yang dikenal profesional telah ketiga kalinya meluncurkan cluster. Juga menyediakan kavling bagi yang ingin memiliki tanah terlebih dahulu, siap untuk dibangun unit, sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. 

Givency one berlokasi di Jalan Gaperta Ujung, Medan Helvetia. Lokasi ini sangat dekat dengan tol Helvetia, Rumah Sakit Hermina, Manhattan Mall, Ring Road Citiwalk (RCW) dan akses jalan Ringroad sendiri. Cukup strategis ya. 

Kavling eksklusif ini juga terletak sangat dekat dengan gerbang utama, fasilitas danau, gazebo juga club house. Apa saja fasilitas lainnya? 

1. Menyediakan sistem keamanan 24 jam

           Fasilitas aman dalam sebuah lingkungan perumahan jadi hal wajib ya, karena kita juga tidak setiap saat berada di rumah. Dengan sistem keamanan yang baik, tentu akan menimbulkan rasa tenang saat kita berpergian, beristirahat atau sebagai hunian. Mengingat banyak sekali kasus pencurian dan penculikan sekarang ini, keamanan tentu menjadi hal yang penting bagi kenyamanan kita. 

2. Terdapat Danau, Gazebo dan Children Park. 

    Setelah menjalani rutinitas yang padat, kita pasti senang melepas penat dengan berada di ruang terbuka yang sejuk, damai, juga teduh. Sekaligus juga mengajak keluarga  agar tidak bosan hanya di rumah saja. Givency one telah menyediakan fasilitas alam buatan seperti danau dan taman lengkap dengan gazebo. Bisa menjadi momen menarik ya, menikmati sunset di sore hari sambil menemani anak bermain. Tak perlu jauh untuk melelas penat, pun hemat dari segi budget. 

3. Club House dan kolam renang. 

Club House dan kolam renang kini menjadi daya tarik tersendiri dalam sebuah perumahan atau komplek. Alih-alih keluar komplek untuk mencari tempat bermain atau berenang, lebih baik memanfaatkan fasilitas perumahan yang ada. Lebih hemat waktu dan tentu meminimalisir pengeluaran. 

4. Lapangan Basket

Yang senang bermain basket tentu bisa memakai fasilitas ini sepuasnya. Mendukung gaya hidup sehat Givency one menyediakan cukup banyak fasilitas olahraga untuk penghuninya. 


             Melihat banyaknyak fasilitas yang disediakan tentu tidak salah Givency One menjadi kavling eksklusif di kota Medan yang siap dibangun. Kavling ini juga bisa menjadi investasi jangka panjang bagi yang ingin memiliki aset bernilai ekonomi tinggi. Apa saja kelebihan memiliki kavling eksklusif di Givency one?

1. Bisa bangun rumah sesuai desain yang diinginkan

2. Bisa diwariskan kepada anak

3. Investasi jangka panjang

4. Perawatannya mudah

5. Biaya pajak lebih murah

6. Fasilitas & infrastruktur lengkap

Untuk mencari tahu lebih jelas tentang kavling Givency one bisa melihat langsung di Instagram @givency.one atau website GivencyOne.com. 







Dewi chairani

Menghasilkan karya yang mampu menginspirasi dan menjadi manusia pemberi manfaat.

6 Komentar

  1. lingkungan sekitar kavling bahkan sudah lengkap ya.

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk tipsnya Dewi

    BalasHapus
  3. Fasilitasnya lengkap banget ya, patut dipertimbangkan buat beli kavlingan di sini nih.

    BalasHapus
  4. Terima aksih ya kak tips-nya. Emang harus diperhatikan bener kemanan dan kenyamanan kalo mau beli kaplingan soalnya kan untuk jangka panjang

    BalasHapus
  5. Wow ada danau buatannya? Kalo aku punya rumah di situ bisa-bisa nongkrong mulu di samping danau gak mau pulang huhuhu

    BalasHapus
  6. Di daerah surabaya ada tuh tanah dengan dua nama SHM dan jd polemik. Di malang juga ada padahal dan jadi tanah sengketa karena ada dua SHM.. pokoknya kudu cari info bgt biar nggak salah pikih kavling

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama