Berbagai Terobosan IDN Media di Awal 2023



Memasuki tahun baru, hampir seluruh industri tanah air bersaing ketat, salah satunya industri hiburan. Berbagai media kini menghadirkan berbagai inovasi agar tetap menjadi pertama dihati audiens atau netizen.

Inilah yang sedang dilakukan oleh IDN Media dalam menghadirkan sebuah terobosan di awal tahun 2023. Meski isu resesi dan ketidakstabilan ekonomi masih membayangi, IDN Media tetap optimis bisa menyajikan hiburan dan informasi terbaik baik para milenial dan Gen Z.

Pengembangan bisnis IDN Media

Sejak didirikan pada 8 Juni 2014, IDN media telah memiliki 80 juta Monthly Active Users (MAU), sebuah angka yang cukup tinggi. IDN Media yang memiliki visi mendemokrasi akses informasi dan memberi dampak positif bagi masyarakat, apalagi generasi muda kini. Dengan kemudahan mengakses informasi sekaligus berekspresi lewat karya, akan memudahkan masyarakat untuk terus meningkatkan potensi diri, sehingga angka kualitas SDM bisa meningkat.

IDN Media terus melakukan inovasi, mengikuti perkembangan teknologi. Terbukti dengan IDN Media yang telah membagi unit bisnisnya menjadi empat kategori, yaitu IDN (content Platform); IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy,FORTUNE Indonesia (digital media), IDN Creative, ICE, IDN Event, IDN Programmatic OOH (commercial); serta IDN Pictures dan JKT48 (entertainment).

Content platform, digital Media, commercial, dan entertainment, keempatnya merupakan bentuk pengembangan media dari IDN demi memenuhi kebutuhan generasi Milenial dan Gen Z. Kedepannya, IDN Media akan fokus dalam menumbuhkan bisnis dari keempat kategori tersebut. Ini juga merupakan salah satu cara menciptakan fundamental bisnis yang kuat yaitu dengan berkomitmen membangun bisnis yang memiliki nilai tambah bagi seluruh stakeholders.


Berdasarkan hasil riset Indonesia Gen-Z Report 2022 yang dibuat oleh IDN Research Institute, Gen-Z lebih menyukai format konten berbasis video, salah satunya live streaming. Hasil riset ini tentu menjadi alasan utama IDN aMedia menghadirkan IDN Live di platform IDN yang telah memiliki konten live streaming. Harapannya agar IDN bisa menjadi wadah bagi Gen Z dalam memenuhi kebutuhan berekspresi, berkarya dan menyampaikan informasi yang bermanfaat sekaligus menghibur.

Fitur Baru pada IDN Live


Di awal tahun 2023, IDN Media telah meluncurkan sejumlah fitur baru di IDN Live, platform live streaming di aplikasi IDN, yaitu UGC feature, redemption, dan Referral. UGC feature merupakan program yang memberi kesempatan kepada semua orang untuk menjadi streamers di IDN Live. Redemption adalah penukaran point yang didapat dalam bentuk uang, sedangkan referral adalah mengajak orang lain untuk bergabung menjadi user IDN app dengan kode referral yang diberi. Untuk yang memberi referral dan yang memakai kodenya nanti akan diberi reward sesuai campaign yang berlaku. Wah, wangi-wangi cuan semakin terasa ya 😄. Cuma dari mengajak orang lain lewat kode referral ada pundi-pundi rupiah yang terkumpul. Tentunya, ketiga program ini membuka peluang para penggunanya untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Pengembangan ekonomi melalui ICE

Tidak hanya itu, pada tahun 2023, IDN Media akan mengembangkan ekonomi kreator baik dalam bentuk marketing maupun bentuk lainnya melalui ICE (Indonesia Creator Economy). ICE merupakan platform kreator terbesar di Indonesia, yang memiliki visi untuk mendemokratisasi “creators economy” di Indonesia melalui teknologi.

ICE juga akan meluncurkan platform website yang nantinya dapat menawarkan kolaborasi tanpa batas antara brand dan kreator. Tentu ini menjadi kabar gembira bagi para content creator dari berbagai bidang seperti bisnis, hiburan, financial, marketing, dll. Teknologi dan kreativitas kini telah melebur menjadi sajian yang amat dinikmati, dari sisi content creator maupun audiens, yang nantinya dari hanya sekedar hiburan, naik level menjadi kebutuhan.

Well, sebagai generasi Milenial dan pendamping Gen Z, tentu kita tidak boleh tertinggal dengan kemajuan dan ‘kenikmatan’ teknologi yang tersaji kini. Tidak hanya sebagai fasilitas penunjang ekonomi, tapi kita nantinya juga harus mendampingi calon generasi muda nantinya agar mendapat informasi yang tepat plus bermanfaat dari segala kemudahan akses yang dijangkau kini.

Salut untuk IDN Media yang terus berkembang mengikuti kebutuhan generasi terkini, ditunggu inovasi lainnya.


Dewi chairani

Menghasilkan karya yang mampu menginspirasi dan menjadi manusia pemberi manfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama