Dewi Chairani blog

Main Saham di Stockbit, Dont Worry


Kenapa harus beli saham?
    
       Umumnya, kebanyakan orang menyimpan uang dengan cara menabung di bank, menyimpan sendiri atau membelikan aset. Lalu bagaimana dengan bermain saham? Mendengarnya saja mungkin terdengar mengerikan ya, mengingat belakangan marak trading bodong. Namun tidak ada salahnya mempelajari apa itu saham dan bagaimana bermain saham dengan aman. 

          Jujurly, saya sendiri baru melek soal saham setelah ngobrol santai via virtual bareng  komunitas Blogger Medan dan Panji Pratama. Obrolan kami di fasilitasi oleh Stockbit, sebuah aplikasi investasi saham yg cukup friendly bagi pemula juga yang sudah expert dibidang saham. 

        Nah, mungkin pertanyaan paling sering kita jumpai, kenapa harus membeli sebuah saham? Gimana nanti kalau akhirnya kena tipu? Sadarkah kita, bahwa nilai mata uang kita selama ini, terus menurun. Inflasi menjadi suatu yang pasti di hampir di berbagai negara. Termasuk Indonesia yang katanya masih dijuluki negara berkembang. Contoh paling sederhana, tahun 2020 dengan uang seratus ribu rupiah, kita bisa belanja banyak barang disebuah supermarket. Now, paling hanya beberapa barang saja. Itu pun dengan mempertimbangkan berulang kali, apakah barang dengan harga segini layak kita beli, makanya cukup paham kenapa emak-emak belanja pasti lama. Singkatnya, terjadi penurunan mata uang dengan kondisi ekonomi yang terus menghimpit. Secara cerdas kalau kita mau menabung, tentu ingin uang itu punya nilai yang minimal sebanding atau kalau bisa lebih. Maka ada yang beli emas, rumah, tanah juga saham. Memang beberapa aset pasti memiliki periode jual dengan harga tinggi, kadang juga rendah. Ini wajar. 

     Lalu untuk pertanyaan kedua, gimana kalau kena tipu? Hal paling pertama yang harus kita cari tahu adalah pilih wadah investasi yang aman dan sudah terdaftar di OJK. Ini agar kita terhindar dari hal-hal yg merugikan seperti yang terjadi belakangan ini. Stockbit bisa menjadi satu rekomendasi diantaranya. 

High Risk High Return      

        Pernah dengar istilah high risk high return? Istilah ini sudah cukup dikenal di dunia saham. Artinya, jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar maka kita harus bersiap dengan resiko yang besar juga. Lebih gamblangnya lagi, dari nilai saham yang kita punya, jika dengan nilai saham tertentu kita bisa mendapat banyak keuntungan, hal sebaliknya juga bisa terjadi, kerugian bisa saja terjadi. Maka untuk kita para newbie yang baru saja melek soal saham pelajari dulu cara mainnya, saham mana yang tinggi atau minim resiko, analisis saham, cara pakai aplikasinya, dll. 

Analisa Saham

       Analisa saham menjadi hal penting sebelum kita membeli saham. Untuk mengetahui bagaimana kinerja saham tersebut, menguntungkan atau tidak. Analisa saham terdiri dari dua analisa saham fundamental dan analisa saham teknikal. 

       Analisa saham fundamental adalah analisa yang bertujuan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan kondisi keuangan sebuah perusahaan. Agar mengetahui sifat dasar dan karakteristik operasional perusahaan publik. Lewat analisis ini, sebagai calon investor atau trading kita bisa melihat gambaran kinerja sebuah perusahaan dengan beberapa aspek yaitu kondisi makro ekonomi global/dalam negri, prospek pertumbuhan per sektor juga fundamental usaha. Kita juga dapat menganilisis lewat laporan keuangan perusahaan, namun pasti ini butuh waktu lebih. 

       Kedua yaitu analisis saham teknikal. Analisa ini bersifat dinamis dan aplikatif juga perlu ketekunan dalam mempelajarinya. Analisa ini umumnya menilai saham lewat chart harga saham atau dengan algoritma tertentu untuk mendapatkan grafik pergerakan saham. Dengan metode ini kita bisa menilai kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham. 

 Kenapa harus di Stockbit     
 


         Di jaman era digital, tentu kita ingin melakukan sesuatu lebih mudah dan simple, termasuk juga dalam bermain saham.  Pastinya kita akan nyaman untuk memilih aplikasi yang bisa membantu kita dalam memilih saham, gak ribet dan fiturnya lengkap. Nah, dalam hal ini stockbit cukup merangkum semua kriteria tadi. Apa aja fitur yang ada di Stockbit?

1. Real time 
Data harga sama dengan data harga di bursa terkini

2. Intraday Price Interval
Interval harga mulai dari 1 menit, 5 menit, 30 menit sampai 1 jam. Wah, bisa bener-bener evaluasi secara akurat ya. 

3. Data Historikal
Melihat trend harga saham hingga 15 tahun ke belakang, dari sini kita bisa meninjau apakah tepat untuk menjadi investasi jangka panjang. 

4. Memiliki Banyak Teknikal Indikator
Ada lebih dari 100 indikator untuk membantu para trading atau investor menganalisis saham.

5. Foreign Flow
Untuk memantau pergerakan dana asing di saham yang kita miliki, apakah netflow atau inflow


      Ada banyak fitur mendukung lainnya, jadi really dont worry menggunakan aplikasi ini. Biaya transaksi juga tergolong murah ya, hanya 0,1% untuk pembelian saham dan 0,2% untuk penjualan saham. Untuk yang merasa masih buta juga, bisa ikut kelas khususnya, yaitu stockbit academy. Free untuk pemula yang ingin menyelami lebih dalam dunia saham. Gimana, siap untuk bermain saham?
Dewi chairani

Menghasilkan karya yang mampu menginspirasi dan menjadi manusia pemberi manfaat.

8 Komentar

  1. Sebelum main saham, memang baiknya pelajari dulu semuanya dan pilih yang paling aman dan terpercaya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak. Klo menurut bahasan saya, stockbit tergolong aman. Masih anakan dr bibit kyk nya kak, dan itu jg dibawah pengawasan OJK

      Hapus
  2. Pastikan uang yang dipakai untuk investasi saham uang dingin ya, artinya bukan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih harus uang dingin...

      Supaya tidak memengaruhi cash flow harian ya mbak

      Hapus
    2. Betul banget mbak wik, jd berkah. Bang panji juga ingetkan soal ini. 👍👍

      Hapus
  3. Aku g main saham. Suami yg mainan saham ini tapi ga terlalu serius..tapi penting sih belajar lebih detil biar g cuma ikut ikutan ya.. wah aplikasi ini sering muncul di berandaku hehhee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kk. Klo buka yt jg lg gencar promonya. Tp kyk nya recomended, intinya terdftr di OJK insya allah Aman

      Hapus
  4. aku juga sejak tahun 2020 lalu mulai beli saham nih walau jujur nggak terlalu paham sama analisa-analisa itu. jadinya aku beli saham yang masuk daftar bluechip aja biar nggak bingung

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama