Langsung ke konten utama

Sejuta Manfaat Bidara Arab



Bidara, adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat,  sama seperti  tin. Selain  tanaman herbal, bidara juga  bisa dipakai sebagai media untuk ruqyah, karena tanaman ini adalah tanaman yang dibenci jin dan salah satu tanaman syurga. Dalam beberapa hadist dan ayat disebutkan, QS. As-Saba: 16 “Tetapi mereka berpaling, maka kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan kami ganti kedua kebunn mereka denan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon bidara. Kemudian QS Al-Waqiah : 28, “Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan air yang tercurah dan buah-buahan yang banyak.”

Bidara yang dikenal dengan Sidr dalam bahasa Arab, juga biasa dipakai dalam memandikan jenazah, untuk mandi wajib (setelah bersih haid) dan banyak memiliki khasiat untuk kesehatan. Berikut saya rangkum berbagai manfaat bidara dan cara penggunaannya


1. Untuk mengusir gangguan jin
Bidara memang terkenal sebagai tanaman yang tidak disukai jin. Selain juga kita memohon perlindungan kepada Allah SWT, agar terlindung dari gangguan jin dan syeitan. Berikut cara penggunaannya:
1.    Ambil 3-7 lembar daun bidara (disunnahkan jumlah ganjil)
2.    Bersihkan dan taruh di wadah berisi air
3.    Kemudian bacakan al-fatihah, ayat kursi dan 3 surah pendek yaitu Al-Iklas, Al-falaq dan An-Nas.
4.    Kemudian cipratkan kepada orang yang terkena gangguan sihir.
Bisa diminumkan juga dengan cara sediakan segelas air, tumbuk daun bidara, masukkan ke dalam gelas, lalu bacakan surah seperti diatas.  Lakukan dengan rutin agar hasilnya maksimal

2.  Untuk memandikan jenazah
Rasulullah SAW memerintahkan para sahabatnya untuk menggunakan daun bidara ketika memandikan jenazah. Karena, didalam daun bidara terdapat kandungan alami yang membuat tubuh jenazah lebih wangi.

3. Untuk menyembuhkan luka
Daun bidara mengandung  zat yang mampu menghetikan pendarahan sehingga luka cepat kering. Selain luka pendarahan, daun bidara juga mampu memulihkan luka bakar. Caranya adalah dengan menghaluskan daun bidara segar/ tumbuk dan oleskan pada area luka.

4. Menghilangkan depresi
Daun bidara memiliki zat yang mampu menenangkan syaraf yang tegang sehingga menjadi rileks. Daun bidara dapat di jus atau meminum air rebusannya.

5. Meningkatkan nafsu makan
Bidara juga dapat meningkatkan nafsu makan, bisa dengan mengkonsumsi yang sudah di ekstrak dalam bentuk kapsul, membuatnya menjadi teh atau membuat jus bidara.

6. Mencegah diabetes
Diabetes/kencing manis adalah kondisi dimana kadar gula meningkat secara drastis, karena pankreas tidak mampu memproduksi insulin. Daun bidara dapat menjadi obat diabetes karena didalam daunnya terdapat zat glikemik rendah yang bisa menurunkan gula darah pada si penderita.

Buah bidara


7. Meningkatkan sistem imun tubuh
Kadang badan kita sering merasa lelah ketika menjalani banyak aktivitas. Ujung-ujungnya merasa lelah dan bisa juga sakit. Daun bidara juga bisa membantu kita untuk meningkatkan kembali sistem imun tubuh. Bisa dengan meminum air rebusannya atau dengan membuatnya jus. Dipilih aja, gimana enaknya.

8. Menyehatkan lambung
Tidak sedikit diantara kita yang terkena penyakit lambung seperti asam lambung, maag hingga kanker. Bisa jadi karena kita tidak mampu menjaga asupan makan atau pola makan. Dengan mengonsumsi daun bidara secara rutin kita dapat meminimalisir penyakit yang berkaitan dengan lambung.

9. Menyehatkan mulut
Terkena sariawan atau bibir pecah-pecah? Bidara juga bisa jadi solusi. Daun ini mampu menjaga kesehatan mulut dari berbagai macam infeksi

10. Mencegah kanker dan tumor
Bidara dapat menjadi anti kanker dan tumor. Kenapa? Karena daun ini befungsi sebagai anti oksidan alami. Bisa dengan di jus atau di rebus dan meminum airnya.

11. Mengatasi haid tidak lancar
Selain untuk kesehatan, bidara juga banyak manfaatnya bagi wanita. Salah satunya mencegah haid yang tidak lancar. Kandungan senyawa dalam daun ini dapat menyeimbangkan hormon dan melancarkan haid.

12. Menguatkan rambut
Ingin rambut yang kuat? Gak perlu beli hair tonic yang mahal karena bidara bisa mewujudkan keinginan tersebut. Caranya cukup mudah, dengan merebus daun bidara dan bubuhkan air tersebut ke kulit  kepala seperti hair tonic. Selain itu, air rebusan daun juga bisa dicampur dengan sampo agar lebih praktis.

13. Mengatasi jerawat
 Bidara juga mampu mengatasi jerawat, dengan cara rendam selama beberapa jam, lalu blender hingga lembut. Oleskan pada jerawat. Diamkan beberapa menit dan ulangi. Bisa dengan di kompres atau jadi masker. Cara ini harus rutin dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal

14. Mengatasi insomnia
Dengan mengkonsumsi daun bidara yang dibuat menjadi jus dan diminum secara rutin, maka insomsia akan berkurang sedikit demi sedikit. Selain itu, sebaiknya juga  menghindari penggunaan gadget sebelum tidur agar jus bidara yang kamu konsumsi dapat bekerja dengan baik didalam sel tubuh.

15. Mengatasi keputihan
  Keputihan bisa dihindari dengan dengan cara merendam daun bidara dengan air selama beberapa jam, setelah itu bisa digunakan untuk membersihkan. Sebagai anti bakterial untuk membunuh bakteri jahat yang bersarang pada bagian tubuh.

16. Menghilangkan bau darah saat haid
Salah satu hal yang membuat tidak nyaman ketika haid adalah bau darah yang dikeluarkan. Sebenarnya ini adalah hal yang normal, namun bisa membuat kita tidak pede. Nah, dengan daun bidara, bau darah bisa dihilangkan.



17. Mengatasi demam
Daun Bidara dapat menjadi obat demam dengan cara, menghancurkan daun bidara dan dijadikan kompresan demam

18. Mempercantik wajah
Daun bidara juga dapat dijadikan sebagai masker herbal untuk mendapatkan kuliat wajah yang lembut, kencang dan lebih cerah. Menggunakan masker bidara juga dapat membuat wajah lebih awet muda.

19.Mencegah kulit kering
Adanya berbagai polusi dan radikal bebas juga menajdi salah satu penyebab kulit kering. Dengan menggunakan daun bidara dapat membantu mengatasi masalah kulit kering.

20. Sebagai pakan hewan ternak
Daun bidara juga sangat baik untuk hewan ternak. Dengan kandungan zat yang ada didalamnya dapat membuat ternak menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

21. mengatasi radang kulit
22. Mengatasi ambeien
23. Menurunkan tekanan darah tinggi
24. Mengobati bisul
25. Menguatkan tulang
26. Menguatkan gigi
27.  Menyuburkan rambut
28. Mengatasi penyakit kardiovaskular
29. Meningkatkan gairah seksual
30. Mengatasi nyeri buang air kecil
31. Menyehatkan usus



Cara membuat teh daun bidara
1.    Ambil daun bidara muda/pucuk, agar ada rasa asem seger. Kalau ada yang tua juga bisa.
2.    Jemur/ keringkan dengan open hingga kecoklatan
3.    Setelah kering, remas-remas hingga seperti bubuk the
4.    Panaskan air dan seduh
5.    Saring, bisa di tambah gula dan jahe

Sumber:
Cintaihidup.com
Banjarmasin.tribunnews.com
Kingsunda.com
Manfaat.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vibes dari Blogger Cup, Blogger Medan

        Lazimnya bagi setiap blogger, menulis adalah hal wajib. Tapi sewajib-wajibnya kalau gak berurusan sama job kadang males juga. Hayo, siapa yang samaan?       Biasa bakal ada semangat kalau dikerjain barengan atau ada triggernya. Dan inilah yang Dewi rasakan 2 minggu lalu. Bergabungnya Dewi di komunitas Blogger Medan memang bukan tanpa alasan, ya minimal biar terikut semangat untuk nge-Blog tadi. Dan pas sekali dengan momen hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober 2023. Blogger Medan membuat event Blogger Cup.          Awalnya Dewi juga gak ngerti banget gimana mekanisme lombanya, tapi biar ada pemicu untuk nulis dah ikut aja. 😁 Jujur, ini kali pertamanya ikut kompetisi nulis yang sistem duel. Seru sih, ditambah lagi tema menulis yang diumumkan pada jam tertentu plus waktu menulis yang hanya 24 jam. Padahal biasa ngejar DL yang 3 hari bisa cengap-cengap, haha.  Gak cuma Dewi, tapi banyak peserta yang merasa seperti memacu adrenalin, kayak naik rollercoaster.  Tulisan pertam

Belajar Dasar Blog dan SEO di Kelas Blogger Medan

Rudi Hartoyo memberikan materi         Belajar menjadi blogger tentu harus mengenal berbagai hal tentang blog, mulai dari template, domain, tools pendukung seperti google console dan google analytics, dan tentu saja SEO.         SEO belakangan menjadi istilah yang trending dan menarik. SEO atau Search Engine Optimization yang merupakan teknik optimasi sebuah web agar mesin pencarian dapat menempatkan halaman web kita di halaman pertama mesin pencari dengan keyword tertentu.         Terdengar amazing ya, namun gampang-gampang mudah juga mencapainya. Kita harus bisa menentukan judul dengan keyword yang tepat, label, konten, gambar, internal link dan lain-lain. Belajar blog kali ini di fasilitasi oleh Blogger Medan, di Kopikuni. Belajar kali ini cukup ekslusif karena hanya anggota Blogger Medan saja dengan jumlah peserta yang terbatas. Anggota Blog Medan serius mengerjakan tugas        Dengan suasana Sersan, serius tapi santai, peserta tampak antusias mengikuti kelas internal ini. Ten

Aman dan Nyaman, Kriteria Esensi Sebuah Hunian

Punya rumah aman dan nyaman, tentu menjadi idaman siapapun. Setelah lelah bekerja, pasti ingin menempati hunian yang nyaman plus aman. Namun yang masih dipertanyakan, apa ada spesifikasi rumah demikian namun harga terjangkau? Seperti teman dekat saya. Beberapa hari yang lalu, ia menelpon saya, lebih tepatnya curhat soal lingkungan rumahnya yang kurang aman. Tetangganya sering kemalingan, ia pun tak luput dari kemalangan tersebut. Beberapa barang yang terletak di teras atau halaman sering raib. Siapa yang nyaman coba tinggal di daerah tersebut. Akhirnya ia memutuskan untuk mencari rumah lain dan menjual rumahnya tersebut. Rumah menjadi hal yang esensial untuk kita ya. Mau kita sebagai pekerja atau ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di rumah, keamanan tentu menjadi hal penting. Maka sangat krusial untuk mengetahui sistem keamanan lingkungan perumahan yang nantinya bakal ditempati. Singkat cerita, akhirnya saya membantu si teman tadi untuk mencari rumah di Medan sesuai deng