Langsung ke konten utama

Melamar Secara Syar'i Ini Caranya

Melamar Secara Syar'i Ini Caranya


     "Will you marry me?"Kalau sering nonton film barat, tentu tau arti dari pernyataan tersebut. Yup, "Maukah kau menikah denganku?" Tapi eits, melamar bukan sebatas pernyataan atau pertanyaan yang lantas dijawab, ya atau tidak. Ada tata caranya lho, apalagi secara Islam, tatanan hidup manusia dan mahluk sudah diatur sedemikian rupa, agar apik, harmonis dan seimbang. 
      Secara pengertian, melamar adalah bagian awal yang dilakukan seorang calon pengantin untuk bisa melaksanakan pernikahan. Khitbah (melamar dalam bahasa arab) yakni, menampakkan keinginan untuk menikah dengan seorang perempuan dengan memberitahukan hal itu kepadanya, keluarga atau walinya. Ada juga yang mengartikan, khitbah adalah meminang seorang perempuan yang boleh dinikahi secara syar'I baik secara langsung ataupun dengan wakil.
     Nah, bagaimana tahapannya? Sebelum mengulas itu, perlu diketahui dulu dua syarat yang harus dipenuhi, yaitu:
1. Tidak ada yang menghalangi khitbah dan tidak ada sesuatu yang menjadikan khitbah itu haram. Misalnya  tidak boleh melamar wanita yang sedang masa iddah dan tidak boleh juga jika wanita tersebut adalah muhrimnya (ibu kandung, anak, saudara perempuan, bibi dari bapak/ibu, keponakan, ibu susuan, saudara sepersusuan, mertua, menantu, anak tiri (dari istri yang telah dicampuri)).
2. Belum dikhitbah oleh orang lain. Seperti dalam sebuah hadist, dari Abu Hurairah, Ia berkata "Rasulullah SAW bersabda, seorang lelaki tidak boleh meminang perempuan yang telah dipinang saudaranya" (HR Ibnu Majah).
     Jika kedua syarat telah terpenuhi, boleh menuju pada tahapan berikutnya.
Mencari Informasi Tambahan
     Mencari informasi tambahan mengenai calon pasangan, tentu boleh-boleh saja. Asal masih berada pada koridor Islam. Maksudnya? Atas alasan diatas, kini banyak dari kita yang lantas kebablasan menuju ke arah pacaran. Nah, informasi yang dimaksud adalah informasi dasar seperti CV dan foto (jika sebelumnya tidak mengenal sama sekali). Bisa diminta pada orangnya langsung, keluarga, kerabat atau orang ketiga seperti ustadz/ustadzah yang memiliki niat untuk membantu dan memang amanah. Sesuatu yang wajar, jika kita ingin mengetahui bagaimana latar belakang keluarga dan aktivitasnya terkini.
Anjuran melihat calon wanita terlebih dahulu
      Ini juga bisa dilakukan dengan mengutus seorang wanita yang dipercaya untuk melihat wanita yang ingin dilamar. Bisa juga dilakukan langsung oleh si pria. Apa saja yang boleh untuk dilihat? Yang tidak meliputi aurat tentunya, wajah dan telapak tangan. Wajah mewakili rupa yang dimiliki dan telapak tangan mengindikasikan kesuburan.
      Nah, demikian tahapan dari melamar secara Islam/syar'i. Jika tahapan melamar sudah dilalui, kini hal yang perlu diketahui adalah soal mas kawin. Udah jangan pusing dulu, next time kita lanjut ya. Sudah pada tau melamar secara syar'i kan, yuk kembali ke sunnatullah, biar lebih berkah dan disayang Allah. Amiiinn ya Rabb.



sumber: www.wanitabicara.com
                www.muslim.or.id
          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vibes dari Blogger Cup, Blogger Medan

        Lazimnya bagi setiap blogger, menulis adalah hal wajib. Tapi sewajib-wajibnya kalau gak berurusan sama job kadang males juga. Hayo, siapa yang samaan?       Biasa bakal ada semangat kalau dikerjain barengan atau ada triggernya. Dan inilah yang Dewi rasakan 2 minggu lalu. Bergabungnya Dewi di komunitas Blogger Medan memang bukan tanpa alasan, ya minimal biar terikut semangat untuk nge-Blog tadi. Dan pas sekali dengan momen hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober 2023. Blogger Medan membuat event Blogger Cup.          Awalnya Dewi juga gak ngerti banget gimana mekanisme lombanya, tapi biar ada pemicu untuk nulis dah ikut aja. 😁 Jujur, ini kali pertamanya ikut kompetisi nulis yang sistem duel. Seru sih, ditambah lagi tema menulis yang diumumkan pada jam tertentu plus waktu menulis yang hanya 24 jam. Padahal biasa ngejar DL yang 3 hari bisa cengap-cengap, haha.  Gak cuma Dewi, tapi banyak peserta yang merasa seperti memacu adrenalin, kayak naik rollercoaster.  Tulisan pertam

Belajar Dasar Blog dan SEO di Kelas Blogger Medan

Rudi Hartoyo memberikan materi         Belajar menjadi blogger tentu harus mengenal berbagai hal tentang blog, mulai dari template, domain, tools pendukung seperti google console dan google analytics, dan tentu saja SEO.         SEO belakangan menjadi istilah yang trending dan menarik. SEO atau Search Engine Optimization yang merupakan teknik optimasi sebuah web agar mesin pencarian dapat menempatkan halaman web kita di halaman pertama mesin pencari dengan keyword tertentu.         Terdengar amazing ya, namun gampang-gampang mudah juga mencapainya. Kita harus bisa menentukan judul dengan keyword yang tepat, label, konten, gambar, internal link dan lain-lain. Belajar blog kali ini di fasilitasi oleh Blogger Medan, di Kopikuni. Belajar kali ini cukup ekslusif karena hanya anggota Blogger Medan saja dengan jumlah peserta yang terbatas. Anggota Blog Medan serius mengerjakan tugas        Dengan suasana Sersan, serius tapi santai, peserta tampak antusias mengikuti kelas internal ini. Ten

Tips Merawat Motor Agar Liburan Menyenangkan

       Di masa libur pergantian tahun, tentu kita sudah memikirkan berbagai rencana menyenangkan untuk mengisi masa libur tersebut. Seperti berwisata ke suatu tempat yang menarik, mengunjungi keluarga atau bahasa kerennya pulang kampung. Berbagai opsi bisa disiapkan ya. Namun jangan lengah, sebelum berpergian atau berlibur, ada beberapa persiapan yang penting untuk diperhatikan.        Pertama, pastikan kita berada pada kondisi badan yang sehat. Pasti gak nyaman ya, berliburan dengan kondisi tidak nyaman. Kedua, saat meninggalkan rumah, pastikan aman. Cek pintu dan jendela, sambungan gas, pastikan juga rumah dalam kondisi rapi dan bersih, agar saat kembali pulang kondisi aman. Point ketiga yang juga penting, cek kondisi kendaraan kita.      Kali ini, Dewi ingin sharing beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum berpergian jauh, khusus untuk kendaraan motor ya. 1. Cek Kondisi Ban Motor      Tentu ban menjadi bagian penting dalam sebuah kendaraan. Kenyaman dan keselamatan saat